Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga
SIAPAKAH YESUS BAGIMU
Yeremia 31: 31-34
Injil Mat 16: 13-23
Sdr. Laurensius Simanjuntak

Ada pepatah mengatakan “Tak kenal maka tak sayang”. Pepatah klasik ini mau menerangkan betapa perlunya sikap saling mengenal. Sikap saling mengenal menjadi dasar untuk memahami seseorang dengan benar. Diharapkan, setelah saling mengenal seseorang semakin mencintai yang ia kenal.

Hari ini Yesus menguji pengenalan para murid dengar bertanya “ Tetapi apa katamu siapakah Aku ini”. Ada yang mengatakan bahwa Dia adalah Yohanes Pembaptis, Elia, Yeremia atau salah seorang nabi yang datang kemudian. Lalu Petrus hadir memberi jawaban yang tepat. “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup”. Pengakuan Petrus ini menjadi dasar hadirnya Gereja yang bersifat apostolik. 

Yesus mengatakan bahwa apa yang dikatakan oleh Petrus bukan serta merta berasal dari dirinya sendiri melainkan berasal dari Bapa yang ada di surga. Yesus juga mengatakan pengenalan-Nya akan Petrus. Dia adalah Petrus. Di atas batu karang itu, Yesus mendirikan jemaat-Nya atau Gereja-Nya. Yesus juga memberi kuasa kepada Petrus “Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di surga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di surga”. Di sini dengan jelas ditunjukkan kuasa Petrus sebagai pemimpin jemaat dan kelak kuasa tersebut diteruskan oleh para penggantinya.

Bagi kita siapakah Yesus itu? kita bisa memberi jawaban yang berbeda-beda sesuai dengan pengalaman iman kita. Tetapi kita harus berpegang  pada iman Gereja yang benar yang mengajarkan Yesus sebagai anak Allah jalan kebenaran dan hidup.

 “Tak kenal maka tak sayang”. Jika sudah mengenal Yesus kita diharapkan untuk semakin menyanyangi-Nya. Jika kita mampu menyanyangi Yesus tak akan ada lagi alasan kita untuk membenci orang lain karena Yesus tidak menghendaki kebencian. Karena dalam diri kita telah diberi kuasa untuk mengampuni dan mencitai. Walaupu sebenaranya menyanyangi Yesus adalah keharussan bagi kita karena dengan dengan demikianlah kita memperoleh kuci tuk membuka pintu kerajaan sorga. 

Mengenal Yesus sama artinya melakuakan pekerjaan yang dikehendaki oleh Yesus. Kita semua sudah mengenalnya tetapi apakah kita sudah melakukan kehendakNya?












Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2017. Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting