Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga

Pernakah anda merasa ditolak oleh orang-orang yang ada di sekitar anda?

SEBERAPA SERINGKAH KITA MENOLAK YESUS?
Bacaan pertama : Yer 26: 1-9
     Injil : Mat 13: 54-58
Sdr. Laurensius Simanjuntak, OFMCap.

     Pernakah anda merasa ditolak oleh orang-orang yang ada di sekitar anda?  Pengalaman di tolak adalah pengalaman yang sangat menyakitkan, apalagi jika penolakan itu datang dari orang-orang terdekat kita, sahabat atau keluarga kita sendiri. Dalam bacaan injil hari ini, Yesus mengalami penolakan. Penolakan yang dialami oleh Yesus datang dari keluarga dan orang-orang sekampung-Nya. Mereka menolak Yesus karena mereka tidak mampu melihat sisi ke-ilahian Yesus. Mereka hanya melihat Yesus sebagai anak tukang kayu.  

   Pengalaman ditolak juga dialami oleh nabi Yeremia yang diutus Allah untuk mentobatkan orang-orang Yehuda. Sang nabi bukan hanya ditolak tetapi ditangkap dan ingin di bunuh karena dianggap menghina orang-orang Yehuda atas nama Allah.

     Dalam pengalaman sehari-hari, kita juga kerap menolak kehadiran Yesus. Kita menolak Yesus yang hadir dalam diri orang lain, yang mengharapkan pertolongan dari kita. Kita juga kerap terlalu mengandalkan kemampuan kita yang sungguh sangat terbatas. Akibatnya, kita kehilangan rahmat dan berkat dari Yesus. Kita lupa mensyukuri mujizat yang terus menerus kita terima dari Yesus. Kita harus sadar bahwa setiap saat Yesus mengadakan mujizat dalam hidup kita.

       Supaya kita tidak kehilangan rahmat keselamatan dari Allah, kita harus menerima Yesus dalam hidup kita. Kita harus menyadari bahwa menolak Yesus sama artinya tidak mengimani-Nya. Jika kita mengenal Yesus tetapi kita menolaknya betapa celakanya kita. Yesus tidak pernah menghitung-hitung penolakan dari kita. Karena Dia setia menunggu kedatangan kita. Apakah kita sanggup berjanji dalam hati bahwa kita tidak akan pernah lagi menolak kehadiran Yesus dalam hidup harian kita? Jika ingin beroleh keselamatan, kita harus menerima Yesus dalam hidup kita karena hanya melalui Dialah kita beroleh keselamatan. Amin.


Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2017. Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting