Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga

BAB III: IBADAT, PUASA DAN CARA BEPERGIAN DI DUNIA

            
Para rohaniwan hendaknya melakukan ibadat harian menurut tata cara Gereja Roma yang kudus, kecuali buku mazmur. Oleh karena itu, mereka boleh mempunyai buku Ibadat Harian. Sedangkan saudara-saudara yang awam hendaknya mengucapkan dua puluh empat Bapa Kami untuk ibadat matutinum dan limauntuk ibadat laudes; untuk ibadat prima, tertia, sexta dan nona masing-masing tujuh, sedangkan untuk ibadat vesperae dua belas dan untuk ibadat completorium tujuh. Mereka hendaknya bersembahyang bagi orang-orang yang telah meninggal.
            Mereka hendaknya berpuasa mula dari Pesta Semua Orang Kudus sampai Kelahiran Tuhan. Selama masa puasa suci, mulai dari Epifani sampai empat puluh hari berturut-turut, yang dikuduskan Tuhan dengan puasa-Nya yang suci, mereka yang dengan sukarela berpuasa semoga diberkati oleh Tuhan; tetapi mereka yang tidak mau, hendaknya tidak diwajibkan. Akan tetapi, pada masa puasa lainnya yang berlangsung sampai Kebangkitan Tuhan, semua saudara hendaknya berpuasa. Pada waktu-waktu lainnya mereka tidak wajib berpuasa, kecuali hari Jumat. Juga sewaktu menghadapi keadaan yang sungguh mendesak, saudara-saudara tidak wajib menjakankan puasa badani.

            Aku pun menganjurkan, menasihatkan dan mengajak saudara-saudaraku dalam Tuhan Yesus Kristus agar sewaktu bepergian di dunia, janganlah mereka berselisih, bertengkar mulut dan menghakimi orang lain: tetapi hendaklah mereka itu murah hati, suka damai dan tidak berlagak, lembut dan rendah hati, sopan santun dalam berbicara dengan seemua orang, sebagaimana pantasnya.  Mereka tidak boleh naik kuda, kecuali kalau terpaksa karena keadaan yang sungguh mendesak atau karena sakit. Di rumah mana pun mereka masuk, hendaklah mereka katakan lebih dahulu: “Damai Sejahtera bagi rumah ini”. Sesuai dengan Injil Suci, mereka boleh makan apa saja yang dihidangkan bagi mereka.
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024. Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting