Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga

MEMBERI DENGAN TULUS IKHLAS



Gambar terkait
Fr. Vincentius Simbolon OFM. Cap

Bacaan I         : Filipi 2:1-4
Mazmur         : 131:1.2.3
Bacaan Injil   : Lukas 14:12-14
   Berbuat baiklah kepada orang-orang yang membutuhkan kebaikanmu, yakni orang-orang miskin, kecil, terlantar, dan cacat. Dan janganlah mengharapkan balasan dari mereka. Inilah pesan yang disampaikan oleh Yesus kepada kita hari ini.
     Ada ungkapan Latin mengatakan “Do Ut Des, artinya ialah saya memberi supaya saya menerima”. Ini adalah suatu ungkapan yang mau mengatakan bahwa ada pamrih tertentu untuk setiap apa yang dilakukan oleh seseorang karena segala sesuatu yang dilakukannya tidak datang dari kesadarannya sendiri secara tulus dan ikhlas. Artinya ialah saya melalukan sesuatu karena akan memperoleh sesuatu. Yesus mengajarkan kepada kita agar jangan bertindak demikian, karena setiap perbuatan baik yang kita lakukan bagi orang lain harus berasal dari hati yang tulus. Karena apa yang kita lakukan pada saat ini akan dibalas oleh Bapa di surga, sesuai dengan apa yang kita perbuat di dunia ini. Hal senada dengan itu, Yesus bersabda, "Jika tangan kananmu berbuat baik, janganlah kiranya tangan kirimu mengetahuinya". Artinya ialah jika kita berbuat baik kepada seseorang janganlah kiranya perbuatan itu kita lakukan agar diketahui oleh orang lain, dengan demikian kita disebut orang baik. Tetapi hendaklah perbuatan baik yang kita lakukan itu dilakukan atas ketulusan dan cinta.
     Saudara-saudari terkasih, dalam bacaan Injil hari ini dikisahkan bahwa orang-orang Farisi mengundang Yesus untuk makan. Walaupun Yesus mengetahui bahwa kebanyakan orang-orang Farisi adalah orang-orang jahat dan berdosa, Ia tidak menolak tawaran mereka untuk makan bersama. Ia tetap bergaul dengan mereka. Dan pada kesempatan seperti itulah Yesus memberikan nasihat-nasihat kepada mereka untuk segera kembali ke jalan yang benar.
       Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa kita sadari terkadang kita menghidupi semangat pamrih atau Do Ut Des. Baik dalam hidup bersama di komunitas, masyarakat, ataupun kelompok. Untuk itu kita diajak untuk kembali merenungkan bagaimana kita seharusnya berbuat baik kepada orang lain.    



      
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2017. Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting