Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga

Hasil gambar untuk allah penyelamat-image 

YESUS ADALAH PENYELAMAT KITA
Gal  4:22-24. 26-27; Luk 11:29-32
(Fr. Silvinus Tinambunan OFMCap)

Kalau saya pikir-pikir, terkadang manusia itu adalah makhluk yang sangat bebal. Mengapa saya mengatakan ini? Kalau di jalan raya misalnya, sudah ada rambu-rambu lalu lintas masih ada saja orang yang melanggar. Coba kalau tidak ada rambu-rambu lalu lintas kecelakaan akan meningkat tajam. Contoh yang lain, misalnya di sekolah. Kita sudah tahu dari kecil bahwa menyontek itu tidak baik tetapi tetap saja kita melakukannya.
Dalam injil hari ini, Yesus berkata dengan sangat keras: “Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus”. Lalu muncul pertanyaan? Kalau begitu siapa yang dimaksud Yesus dengan angkatan yang jahat itu? Tentu angkatan yang jahat itu ialah orang-orang Israel pada waktu itu. Pada zaman Yesus banyak di antara orang Yahudi yang menantikan kedatangan Mesias. Tetapi masalahnya mereka atau orang-orang Yahudi itu tidak mengakui bahwa Yesus adalah Mesias. Oleh karena itu, Yesus berkata bahwa mereka adalah angkatan yang jahat yang meminta tanda. Padahal tanda itu sangat jelas ada di depan mata mereka yaitu Yesus sendiri.
Kalau kita hubungkan dengan pengalaman beriman kita, mungkin kita ini bisa disebut angkatan yang jahat juga. Mengapa? Karena mungkin kita masih ragu dan dalam pelbagai pengalaman kita sehari-hari sering menyangkal bahwa Yesus adalah Tuhan penyelamat kita. Contoh kecil saja, kita pasti sering membuat tanda salib terutama dalam kegiatan-kegiatan rohani di lingkungan sesama katolik. Tetapi coba kalau seandainya kita ada di tengah-tengah orang yang bukan Katolik, contoh, di rumah makan, beranikah kita membuat tanda salib di tengah kerumunan orang banyak dan yang pasti mereka melihat apa yang kita buat? Mungkin saja sebagian dari kita berani dan sebagian lagi pikir-pikir dulu membuat tanda salib.

Namun dari semuanya ini, jika kita menyimak Injil hari ini dengan baik dan dengan mata iman kita. Sebenarnya yang diinginkan Yesus kepada kita sederhana saja yaitu kita diharapkan menjadi angkatan atau orang-orang yang percaya bahwa Yesus adalah Mesias (Tuhan) penyelamat kita. Selanjutnya iman tersebut dinyatakan dalam hidup kita sehari-hari di manapun kita berada. Menjadi orang Katolik seharusnya pertama-tama kita bangga akan Tuhan Yesus yang menyelamatkan kita dari dosa-dosa kita. Semoga!!!
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2017. Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting