Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga

KEJUJURAN


TINDAKAN KEJUJURAN
Luk 11:47-54
(Fr. Romualdus Manur OFMCap)

Hasil gambar untuk KEJUJURAN-IMAGE

Injil hari ini berbicara tentang Yesus yang mengecam orang-orang Yahudi, yang membenarkan sikap nenek moyang mereka yang telah membunuh para nabi dengan membangun makam para nabi dan sikap para ahli Taurat yang seolah baik adanya. Sikap ini sangat tidak disukai oleh Yesus karena mereka bersikap pura-pura baik untuk mengelabui orang lain. Bahkan mereka menghalangi orang lain untuk masuk ke dalam kerajaan Allah.
Perkataan Yesus dalam injil hari ini juga mencerminkan sikap manusia zaman sekarang. Sikap kepura-puraan itu selalu ada dalam segala perkataan dan perbuatan. Terkadang perkataan dan perbuatan itu tidak sejalan, bahkan berusaha mengelak dari perbuatan salah dengan berbagai argumen ataupun berbagai cara agar bisa selamat dari kesalahan atau supaya kesalahan tersebut tidak terbongkar ataupun karena takut apabila mengakui kesalahannya. Dengan berbagai konsekuensi dia akan tetap mempertahankan diri dan tidak berani mengatakan sesuai kenyataan.  Hal ini dapat dialami baik dari diri sendiri maupun dari lingkuangan sosial. Misalnya para koruptor, gembong narkoba yang berusaha memperkaya diri dengan melakukan pekerjaan kotor.
Terlepas dari semua sikap yang kurang baik pada zaman ini, Yesus pada hari ini mengajak kita untuk kembali pada sikap yang mencerminkan kejujuran dan penampilan diri yang sesuai dengan kenyataan, bukan untuk bersikap pura-pura agar dipandang baik oleh orang lain. Sebagai pengikut Kristus, kita dipanggil untuk hidup sesuai dengan sabda-Nya setiap hari melalui perkataan maupun perbuatan nyata. Dari situ kita akan memperoleh kasih Tuhan melalui sesama kita. Semoga kita mampu membawa orang lain pada kemurahan kasih Bapa yang diawali dari diri sendiri. Apa yang dikatakan lakukanlah sesuai dengan perkataan itu. Amin.



Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2017. Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting