Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga

KEBAHAGIAN SEJATI DAN ABADI

 KEBAHAGIAN SEJATI DAN ABADI
Lukas 11: 27-28
           
Hasil gambar untuk kasih ibu kristen-image
Pepatah kuno mengatakan, “surga berada di bawah telapak kaki ibu”. Pepatah ini bukan mau mengatakan letak geografis surga. Pepatah ini sebenarnya mau mengingatkan kita bahwa apa yang kita lakukan terhadap orangtua kita, secara khusus ibu yang melahirkan dan menyusui kita, sangat berpengaruh terhadap perjalanan kita menuju kebahagiaan surga.
Dalam Injil hari ini, ada seorang wanita yang memuji Maria sebagai yang berbahagia, karena ia melahirkan dan menyusui Yesus. Yesus anak yang dikandung dan disusui oleh Maria menjadi manusia yang sangat terkenal di antara bangsa-Nya terutama karena ajaran-Nya. Tetapi dengan tegas Yesus menjawab pernyataan wanita tersebut dan mengatakan, bahwa orang yang berbahagia ialah mereka yang dengan setia melakukan kehendak Allah. Sekilas mungkin kita berpikir bahwa jawaban Yesus terhadap wanita tersebut merupakan suatu penyangkalan terhadap Maria yang melahirkan dan menyusuinya. Tetapi sesungguhnya tidaklah demikian. Yesus sebenarnya justru memuji Maria sebagai orang yang menaati perintah Allah. Bagi Yesus, Maria adalah seorang ibu sekaligus teladan beriman yang benar.
Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita sering memandang orang dari segi harta dan ketenaran. Kita sering berpikir bahwa orang yang berbahagia dan yang patut ditiru ialah orang yang memiliki harta dan ketenaran. Kita jarang memandang orang yang hidup saleh. Kita selalu berpikir bahwa harta dan ketenaran adalah hal yang paling utama dan dapat membawa kebahagiaan. Melalui Injil hari ini, kita diajak untuk mengutamakan kehendak Allah dari pada hal-hal duniawi. Sebab bukan hal-hal duniawi yang dapat memberikan kebahagiaan yang sejati, melainkan kehendak Allah-lah yang dapat menuntun kita kepada kebahagian sejati dan abadi.


            Fr. Pedro Ramses Joel Lumban Gaol OFMCap
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2017. Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting