Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga

HAL MEMINTA

KETUKLAH,
 MAKA PINTU AKAN DIBUKAKAN BAGIMU
(Luk 11:5-13)
Hasil gambar untuk ketoklah maka pintu akan dibukakan bagimu-image 

Injil pada hari ini mengetengahkan tentang pengajaran Yesus kepada murid-murid-Nya yakni kebaikan Allah kepada umat manusia. Ia menganalogikan Bapa-Nya sebagai seorang sahabat yang memberikan roti kepada sahabatnya ketika sahabat tersebut sangat membutuhkannya. Ia juga membandingkan kebaikan Bapa-Nya dengan kebaikan manusia: “Orang jahat saja tahu memberikan yang baik kepada anak-anaknya, apalagi Bapa Yang di surga, lebih lagi dari itu.”
Yesus memperkenalkan kebaikan Allah yang melebihi kasih manusia terhadap sesamanya. Setiap orang yang meminta kepada Bapa, maka ia akan diberi: “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.”
Kasih Allah tidak sama dengan kasih manusia. Manusia hanya mengasihi sesamanya  yang berada dalam “lingkaran” hidupnya, sedangkan Allah mengasihi semua manusia tanpa terkecuali dan memberi apa yang diminta oleh manusia, bahkan tanpa diminta. Dan Ia juga telah memelihara dan mencukupi seluruh kebutuhan manusia.
 Dalam hal kebaikan Allah terhadap manusia, bukan berarti Yesus mengajak kita untuk tidak perlu berusaha dalam hidup dengan mengatakan “toh Allah mengetahui kebutuhanku”. Tetapi Yesus ingin mengajak kita untuk bersikap rendah hati di hadapan Allah dan sesama manusia. Karena dengan kerendahan hatilah kita dapat bekerja sama dengan Allah.
Sebagai makhluk yang dinamis dan sekaligus paradoks, kita akan mengalami masalah dalam hidup. Untuk menghadapi hal tersebut, kita diajak untuk bersikap rendah hati dengan datang kepada Bapa: mengetok dan meminta kepada-Nya. Orang yang remuk redam hatinya dan datang kehadapan Allah tidak akan ditolak-Nya.  


Fr. Vincentius Simbolon OFMCap
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2017. Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting