Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga

HAL BERDOA


Hasil gambar untuk doa-image

                                                                                                                                            
HAL BERDOA
Lukas 11:1-4

Berdoa merupakan suatu langkah yang sederhana, namun memiliki dampak yang besar. Sayangnya tidak sedikit orang Kristen yang mengabaikan hal ini, sehingga banyak orang percaya yang pesimis terhadap doa dan enggan atau malas untuk berdoa.
Yesus menanggapi permintaan para murid supaya mereka diajari untuk berdoa, dengan memberikan doa yang kita kenal sebagai doa Bapa Kami, dengan doa tersebut kita diajari untuk mengetahui unsur-unsur mendasar dari doa yang benar. Yang pertama adalah doa yang berisi pujian kepada Allah. Hal yang sering diabaikan atau mungkin tidak diketahui oleh orang percaya yakni memberikan pujian kepada Allah atau pujian bagi Allah dengan doa. Sering doa hanya dipahami sebagai ungkapan keluh-kesah hati semata, atau sarana untuk menyampaikan daftar pergumulan dan keinginan kita. Ungkapan pujian dan syukur dalam doa menunjukkan  kesadaran kita akan siapa Tuhan dan siapa kita manusia.                                                                                                                    
Kemudian yang kedua adalah doa juga berisikan permohonan: ”berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya”. Tuhan mengajar kita agar meminta kepada-Nya sesuai dengan kebutuhan kita, bukan untuk dihambur-hamburkan. Yang ketiga adalah doa juga berisikan ungkapan pertobatan. Dalam doa kita mengakui pelanggaran dan dosa, serta sebelumnya kita juga sudah kiranya mengampuni kesalahan orang yang pernah berbuat salah kepada kita. Untuk sampai pada hal ini, perlu kejujuran dan keterbukaan kita kepada-Nya, sehingga dengan begitu Ia akan mengalirkan kasih dan pengampunan-Nya kepada kita.
Kita sebagai orang Kristen pastilah sudah sering berdoa, entah itu berdoa bersama maupun berdoa pribadi. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah kita sudah berdoa secara benar sebagaimana yang sudah diajarkan oleh Yesus kepada kita? Kalau belum, marilah kita berdoa dan berdoa.

 Fr. Raymundus Simamora OFMCap


Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2017. Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting