Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga

Hari Raya Tritunggal Mahakudus (Ams 8:22-31; Rm 5:1-5; Yoh 16:12-15)

Saudara-saudari terkasih dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus, pada hari ini Gereja kita merayakan Tritunggal Mahakudus. Tritunggal Mahakudus merupakan suatu dogma dalam Gereja kita. Isi dogma ini bukan teori, melainkan praktek kehidupan. Isinya tidak pertama-tama mengenai hidup Allah dalam diri-Nya sendiri, melainkan mengenai karya keselamatan Allah bagi manusia. Keyakinan pokok yang terungkap di sini ialah bahwa Allah sungguh memberikan diri kepada manusia. Pemberian diri Allah kepada manusia nampak dalam sejarah keselamatan sejak zaman Perjanjian Lama yang berpuncak dalam diri Yesus sebagaimana dilukiskn dalam Perjanjian Baru. Tiga pribadi yang kita rayakan hari ini tidak terlepas satu sama lain. Yesus tidak mengutus Roh Kudus dari diri-Nya sendiri tetapi dari Bapa. Oleh karena itu dalam Yohanes 16:14-15 dikatakan bahwa Roh Kudus akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari Bapa-Ku. Segala yang dimiliki Bapa adalah milik-Ku, sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari Bapa-Ku.
            Saudara-saudari terkasih dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus, Kristus, Pribadi kedua dari Allah Trinitas mengutus Roh Kudus yang telah diterima-Nya dari Bapa. Maka dapat dikatakan bahwa Bapa mengutus Roh Kudus, tetapi tidak lepas dari Kristus juga. Bapa itu Bapa karena ada Putera. Maka kalau dikatakan bahwa Bapa yang mengutus Roh Kudus, itu tidak terlepas dari Kristus. Ia mengutus Roh Kudus Sebagai Bapa dari Putera. Bapa tidak pernah lepas dari Putera dan Putera tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau Ia tidak melihat Bapa mengerjakannya, sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan oleh Putera (Yoh 5:19). Hal ini juga sangat jelas dikatakan dalam bacaan I, Ams 8:22-31. Tuhan telah menciptakan Aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala. Sudah pada zaman purba kala Aku dibentuk, pada mula pertama sebelum bumi ada (Ams 8:22-23). Aku ada sertanya sebagai anak kesayangan, setiap hari Aku menjadi kesenangan-Nya dan senantiasa bermain-main di hadapan-Nya (Ams 8:30).
            Saudara-saudari terkasih dalam nama Tuhan Yesus, Tritunggal Mahakudus merupakan suatu misteri yang sulit diselami. Tritunggal Mahakudus tidak dapat kita terangkan secara teoritis tetapi dapat kita rasakan peran-Nya dalam sejarah keselamatan manusia dan juga dalam hidup kita sehari-hari. Kita dapat merasakan cinta Allah kepada kita dalam diri Yesus Kristus melalui Roh Kudus. Kita dapat mengenal Bapa melalui Yesus Kristus. Yesus Kristus telah naik ke surga tetapi Ia tidak meninggalkan kita sendirian. Ia akan mengutus Roh Kudus untuk mengajari kita supaya bertekun dalam iman dalam menantikan kedatangan-Nya kembali. Ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita sebagaimana yang telah disamapaikan oleh rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma dalam bacaan II (Rm 5:1-5).
            Saudara-saudari terkasih dalam nama Tuhan Kita Yesus Kristus, tidak lain dan tidak bukan bahwa relasi ketiga Pribadi Tritunggal Mahakudus adalah relasi  cinta demi keselamatan manusia. Cintalah yang menjadi pokok dan sasaran utama tritunggal Mahakudus dan cinta itu adalah Tritunggal Mahakudus itu sendiri. Akan sangat menarik dalam hidup kita apabila kita sanggup meneladani relasi cinta Tritunggal Mahakudus. Karena dengan demikian kita akan dikuatkan oleh cinta itu sendiri untuk menyebarkan dan mengerjakan cinta kepada sesama kita. Semoga cinta meraja dalam hidup kita sebagaimana cinta Tritunggal Mahakudus yang telah menyelamatkan manusia. Cinta tidak akan mempunyai arti kalau ia tetap tinggal dalam dirinya tetapi ia akan sangat bermakna kalau ia keluardari dirinya demi kepentingan dan keselamatan banyak orang. Amin. (Fr. JD)
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2017. Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting