Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga

Mari Memperbaharui Diri Secara Terus-menerus Supaya Seperti Bapa Berbelas Kasih! Yos 5:9.10-12; 2Kor 5:17-21; Luk 15:1-3.11-32. (6 Maret 2016)

Saudara-saudari terkasih, dalam Injil hari ini kita akan mendengar tiga pribadi dan kepribadian, yakni seorang bapa yang berbelas kasih, anak bungsu yang menyadari kesalahannya dan anak sulung yang iri hati. Ketiga pribadi dan kepribadian ini menjadi pelajaran yang berharga untuk kita sebagai orang kristen khususnya di masa prapaska ini. Apa yang dapat kita pelajari?
Bapa yang berbelas kasih adalah gambaran Tuhan yang senantiasa berbelas kasih kepada umat-Nya. Ia tidak mengingat-ingat kesalahan umat-Nya. Cinta-Nya tidak pernah pudar karena dosa-dosa kita. Ia malah berlari dan bersuka cita melihat umat-Nya yang mau menyesali kesalahan dan berbalik kepada Dia.
Anak bungsu yang menyesali dosa-dosanya adalah gambaran manusia yang rapuh dan yang mau memperbaharui diri. Dosa identik dengan manusia tetapi bukan berarti harus berdosa. Apabila kita sudah berdosa janganlah mengulangi hal yang sama dan mari menyesali dan memperbaharui diri terus-menerus. Itulah tugas kita sebagai orang Kristen. Bapa yang berbelaskasih selalu membuka tangan untuk kita yang mau bertobat.
Sementara anak sulung yang iri hati adalah gambaran manusia yang selalu iri hati kalau melihat ada orang yang berbalik dari dosa-dosanya. Sering terjadi, mungkin tidak kita sadari, kita menjadi penghalang bagi orang yang mau bertobat. Terlalu gampang kita memberi “cap” kepada seseorang yang akhirnya menyurutkan semangat dari orang tersebut.
Saudara-saudari terkasih, marilah kita berlaku seperti Bapa yang berbelas kasih dalam hidup kita khususnya dalam berelasi di dalam keluarga, sesama dan semua manusia, sebab Bapa juga berbelas kasih kepada kita. Marilah kita juga berlaku seperti anak bungsu yang mau menyesali dosa dan bertobat. Janganlah kita iri hati kepada sesama kita yang mau bertobat tetapi marilah kita saling membantu agar semua orang mengalami belas kasih dan cinta Allah.
Fr. John Donald S OFM Cap

                                    
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2017. Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting