Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga

Yesus Dimuliakan (Mat 17:10-13)

Saudara-saudari terkasih, kita hampir sampai pada minggu Advent ke tiga dan akan meninggalkan minggu Advent ke dua yang sering kita sebut minggu suka cita atau gaudete. Semoga persiapan kita semakin matang dalam menyambut kedatangan Tuhan ke dunia.
            Injil hari ini menceritakan kepada kita perihal kemuliaan Yesus lewat transfigurasi-Nya di gunung Tabor yang dihubungkan dengan kemuliaan Yesus dalam sengsara, wafat dan kebangkitan-Nya (ay. 9). Sepertinya para murid mengerti apa artinya kebangkitan, sehingga mereka membuat pernyataan yang dilatarbelakangi oleh konsep ahli taurat bahwa, Elia harus datang lebih dulu sebelum datangnya Kerajaan Allah. Dengan mengatakan “harus” menunjukkan bahwa orang-orang sebangsa-Nya tidak mengakui Yesus yang adalah Kerajaan Allah itu sendiri, sebab bagi mereka Elia belum datang. Yesus menerima konsep ini, namun bagi Dia, Elia sudah datang dalam diri Yohanes Pembabtis dan para murid mengerti bahwa yang dimaksud oleh Yesus adalah Yohanes Pembabtis. Konsep tentang “ Elia sebagai pendahulu datangnya Kerajaan Allah” merupakan satu dari berbagai faktor penyebab tidak diterimanya Yesus sebagai Kristus, Allah yang adalah Kerajaan itu sendiri, dan Yesus sendiripun mengatakannya “… Anak Manusia akan menderita oleh mereka (ay. 12)”
            Cerita mengenai transfigurasi Yesus merupakan bayangan dari kedatangan Anak Manusia dalam kerajaan-Nya. Peristiwa transfigurasi juga dapat mengingatkan kita pada kemuliaan Allah dalam diri Yesus Kristus pada peristiwa inkarnasi; Allah yang menjadi manusia menampakkan kemuliaan-Nya lewat kelahiran Yesus Kristus di palungan yang  dalam waktu dekat akan kita rayakan. Untuk menyambut kemuliaan Allah itu, kita sebagai orang-orang yang tak layak, harus mempersiapkan diri seutuhnya. Inilah Advent bagi kita “persiapan dan harapan”. Semoga persiapan kita semakin matang dalam menyambut kedatangan Tuhan ke dunia. Amin.

Fr. Ambrosius S. OFM Cap
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2017. Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting