Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga

Persyaratan Calon

Kami adalah religius, yang menghidupi kerohanian St. Fransikus dari Assisi. Kami berkarya di Indonesia di Sumatera, Kalimantan, dan Nias. Selain itu sejak beberapa tahun terakhir kami hadir juga di Jawa (Jakarta) dan Flores. 

Calon yang hendak melamar menjadi anggota persaudaraan Kapusin haruslah seorang pria beriman Katolik (paling tidak telah hidup aktif sebagai warga Gereja selama 3 tahun penuh). Punya kemauan yang baik dan suci. Artinya, ingin mewujudkan dalam hidupnya cita-cita/ideal persaudaraan Kapusin. Secara negatif bisa dikatakan: bukan karena mau menghindar dari kesulitan pribadi/keluarga dan bukan pula sekedar mencari pendidikan yang baik untuk mendapatkan status di tengah masyarakat.

Sehat jiwa dan raga sehingga berdaya untuk mengemban salah satu jenis pengabdian dengan baik dan menggembirakan.

Berpendidikan SMU ke atas demi menjamin mutu pemahaman atas cara hidup membiara dan terbukanya kemungkinan pengembangan diri sesuai dengan bakat dan kemampuan. Calon yang belum sempat menyelesaikan SMU dapat diterima bila mempunyai keterampilan yang memadai.

Dalam hati setiap calon sudah harus terkandung keinginan untuk hidup seturut nasehat-nasehat Injil secara total dan bersemangat untuk mengabdi Gereja dan masyarakat; cinta akan hidup doa dan kesederhanaan; siap mendengarkan dan berdialog dengan semua dan untuk semua, berbagi dan bersatu dengan yang paling miskin dan lemah, seturut teladan Santo Fransiskus dari Assisi.

Meneladan Santu Fransiskus dari Assisi sebagai tokoh panutan.

Sebagai tanda kesungguhan, setiap calon harus menulis SURAT LAMARAN kepada:

Kustos Kustodi General  Sibolga
Biara Yohaneum
Jl. Ade Irma Suryani No. 6
Sibolga 22513

Pada surat lamaran turut dilampirkan:
- Surat Keterangan dari Pastor Paroki
- Surat Kesaksian dari pembimbing rohani atau Surat Rekomendasi dari sekolah atau tempat kerja
- Riwayat hidup singkat
- Pasfoto 3 x 4 (dua lembar)
- Surat persetujuan orangtua atau wali.

“Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu” (Yoh 15, 16).

Bila seorang calon diterima untuk menjadi anggota Kapusin di Propinsi St. Fidelis Sibolga, maka ia menjalani pendidikan sebagai postulan selama satu tahun minimum di Postulat Kapusin Mela - Sibolga. Ia adalah calon yang secara dekat hendak melihat cara hidup Kapusin, lalu mengajukan Surat Permohonan untuk diterima menjadi anggota Kapusin. Bila diterima, ia menjalani pendidikan Kapusin selama satu tahun novisiat di Parapat atau Nyarumkop Kalbar yang diakhiri dengan mengucapkan kaul perdana; selanjutnya diulangi setiap tahun sampai ia mengucapkan kaul kekal. Dalam pertimbangan bersama Minister Propinsial dan Dewan Penasehatnya, ia bisa memilih menjadi calon imam atau bruder. Biaya hidup dan pendidikan disanggupi oleh Ordo Kapusin sambil mengharapkan sumbangan dari keluarga.

“Betapa baik dan indahnya, hidup bagai SAUDARA” (Mzm 133).

Kaum muda, kedatangan Anda rahmat khusus bagi kami, dan St. Fransiskus berkata, “Setiap Saudara adalah rahmat”. Saudara-saudara Dina Kapusin adalah Saudara-saudara rakyat; seantero dunia jadi biara kami; di sana kami hadir bersama mereka yang susah, yang berjuang, yang berkehendak baik. PERSAUDARAAN INJILI ingin dihidupi senantiasa dan di mana saja. “Semoga Tuhan, memberi engkau damai” (St. Fransiskus dari Assisi).
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2017. Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting