Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga

Kristus Gembala yang Baik (Luk 5:1-10)

Kristus Yesus hadir ke dunia mengemban tugas sebagai gembala bagi manusia khususnya mereka yang  jauh dari Allah. Usaha Yesus untuk merangkul kembali orang berdosa tidaklah mudah. Hal itu nampak dari usaha Yesus untuk menerima siksaan, olok- olok , diiusir bahkan disalibkan hingga wafat di kayu salib. Orang berdosa yang menyadari dirinya berdosa adalah sesuatu yang mustahil terjadi pada saat itu. Hal inilah yang membuat Yesus mengalami kepuasan dan suka cita yang besar jika menemukan 1 orang berdosa dibandingkan dengan 99  orang yang tidak memerlukan pertobatan. Perumpamaan yang diberikan Yesus dalam Injil hari ini mau menunjukkan betapa seorang gembala akan tidak tenang jika salah satu domba yang dipercayakan kepadanya untuk digembalakan hilang.
Demikian juga Yesus mengalami hal yang sama. Meski Ia berada di tengah- tengah orang banyak yang percaya pada-Nya, Yesus belumlah mengalami kepuasan dan kegembiraan sebab  masih ada orang yang sungguh jauh dari kehendak Bapa.
Mungkin kita adalah salah satu orang yang hilang itu. Kita pergi jauh meninggalkan Tuhan dengan mengambil jalan yang sesuai dengan kehendak kita sendiri. Kesenangan- kesenangan duniawi menjadi salah satu pilihan yang menyesatkan kita. Kita lupa  bahwa  keputusan yang sering kita ambil salah. Kita akan menjadi orang yang tersesat dan tidak tahu arah jalan yang membawa kita pada tujuan akhir. Tujuan akhir  yang Allah harapakan bagi umat-Nya adalah keselamatan. Jika keselamatan itu terwujud maka surga  pun bersuka cita sebab Allah sungguh merindukan pertobatan itu dari kita.
Tuhan begitu mencintai kita. Dia tidak membiarkan umat-Nya tersesat. Karena itulah, Tuhan datang ke dunia untuk mencari yang hilang. Dia telah mengorbankan Diri-Nya agar bisa menemukan kita. Jika kita telah merasa hilang dan jauh dari pada-Nya hendaknya kita mau kembali dan bertobat.  Sebagai orang Kristen, kita meyakini Yesus sebagai gembala dalam hidup kita. Maka mari kita juga  menyerahkan diri seutuhnya kedalam tangan penggembalaan-Nya tanpa memilih jalan lain sesuai keinginan kita. Pilihan manusia  adalah pilihan duniawi yang menyesatkan jiwa. Keselamatan kekal ada pada Allah yang telah mengutus putera- Nya yaitu Yesus Kristus gembala yang baik.

Fr. Louis Bondar OFM Cap

Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2017. Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting