Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga

Saling Berbagi Cinta Kasih Menjadikan Diri Kaya di Hadapan Allah (Lukas 12:13-21)

Harus kita akui bahwa kita semua membutuhkan harta. Harta ini kita maksudkan untuk membantu kebutuhan kita sehari-hari. Tidak mengherankan untuk memperoleh harta yang dimaksudkan,  segala jenis upaya pun dilakukan, dan terkadang tidak peduli cara itu baik atau tidak. Dapatlah dikatakan, bahwa karena harta, manusia bisa menjadi tamak dan buta hati nuraninya.
    Bacaan Injil hari ini, Yesus mengingatkan kita untuk tidak meletakkan hidup pada harta duniawi. Perumpamaan yang deberikan Yesus  mengajak kita untuk tidak mengkhawatirkan diri dengan harta duniawi.  Harta duniawi itu hanyalah sementara sifatnya. Ketika kita meninggal, tidak satupun dari  yang kita miliki akan kita bawa. “Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seseorang  berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah terhantung pada kekayaannya itu”
    Seringkali terjadi bahwa orang kaya yang berlimpah harta bendanya, kurang bermurah hati kepada sesamanya yang lain. Dia lupa bahwa apa yang dimiliknya merupakan rahmat pemberian dari Tuhan. Rahmat yang diberikan oleh Tuhan harus dibagikan juga kepada sesama yang berkekurangan/membutuhkan. Janganlah menjadi tamak karena ketamakan membuat manusia menjadi lupa diri, membuat dia menjadi jahat, jauh dari sesame, dan yang paling tragisnya adalah penjauhan diri dari Tuhan.
    Perlulah sebagai umat beriman kristiani, kita menyadari bahwa harta duniawi bukanlah segala-galanya. Kita harus berhati-hati agar tidak menjadi hamba  dan tidak dikendalikan oleh harta duniawi  tersebut. Namun alangkah baik dan indahnya jika kita dengan murah hati mampu menggunakan dengan baik apa yang kita miliki demi kepentingan Allah dan menolong sesama kita yang menderita. Marilah menjadikan diri kita kaya di hadapan Allah. Amin.

Fr. Anselmus Metmet Hutauruk OFM Cap
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2017. Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting