Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga

Mengasihi Tuhan Lewat Sesama (Lukas 10:25-37)

            Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus, katanya; “Guru apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?”  Jawab Yesus kepadanya: apa yang tertulis dalam hukum Taurat? Apa yang kau baca disana?” Jawab orang itu: “Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap kekuatannmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

         Karena  kasih-Nya, Allah menciptakan kita manusia, dan Dia menghendaki kita menjadi manusia yang bahagia. Lalu pertanyaannya, apa yang harus dilakukan manusia agar mendapat kebahagiaan itu?
Injil hari ini berbicara mengenai seorang ahli Taurat yang mencobai Yesus. “Guru apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?” Yesus tahu bahwa pertanyaan ini sebenarnya usaha untuk mencobai Dia, maka Dia balik bertanya hingga dia menjawab pertanyaannya sendiri.
Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia. Adalah merupakan hal yang paling utama bagi setiap orang Kristen yakni mengasihi Tuhan Allah. Bagaimana kita dapat mengasihi Tuhan Allah yang sempurna sementara kita hanyalah manusia yang lemah? Kasih kepada Tuhan tampak pada diri sesama manusia. Artinya, mengasihi Tuhan berarti mengasihi sesama manusia karena manusia adalah gambaran Allah sendiri. Maka, jika mengasihi Tuhan sama halnya mengasihi sesama manusia. Inilah menjadi salah satu bukti bahwa kita mengasihi Tuhan,.sebagaimana yang dijelaskan oleh Yesus perumpamaan orang Samaria yang baik hati, dia mampu mengasihi orang lain meskipun tidak ia kenal, perbuatannya sungguh luhur dan memberi kesaksian tentang cinta kasih Allah.
Menjadi pertanyaan bagi kita, sanggupkah kita menjadi orang Samaria yang baik hati itu, mengasihi sesama tanpa membeda-bedakan, mengasihi sekalipun tidak kita kenal, dan bukan demi suatu pujian?


Fr. Raymundus Simamora OFM Cap



Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2017. Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting